Kamis, 09 Desember 2010

cara membuat cendol

CARA MEMBUAT CENDOL YANG NIKMAT SEHAT DAN BERGIZI

Bahan:
650 ml air
2 sdm air daun suji pandan
75 g tepung hunkue
25 g tepung beras

Kuah:
1 liter santan dari 1 butir kelapa parut
1/2 sdt garam
1 lembar daun pandan(potong-potong)

Sirup Gula Merah:
250 g gula merah
75 g gula pasir
150 ml air
5 mata nangka, buang bijinya, potong kecil

Cara membuat:
#1 Campur tepung hunkue dan tepung beras dengan 200 ml air.
#2 Masak sisa air bersama air daun suji hingga mendidih.
#3 Masukkan larutan tepung hunkue sambil aduk cepat hingga bening dan matang. Angkat.
#4 Siapkan cetakan dawet, taruh di atas baskom berisi air es. Tuangkan adonan panas ke atas cetakan, gosok-gosok hingga butiran dawet jatuh ke baskom.
#5 Tiriskan, rendam dalam air matang dingin. Sisihkan.
#6 Kuah: Rebus santan bersama semua bahan hingga mendidih. Angkat, dinginkan.
#7 Sirop Gula Merah: Rebus gula merah, gula pasir, dan air hingga mendidih dan kental. Angkat, saring. Beri nangka, dinginkan.
#8 Penyajian: Taruh cendol di gelas-gelas saji. Beri sirop gula merah berikut nangka, tuangi santan dan beri es batu.
#9 Sajikan dingin agar lebih nikmat

#Untuk 8 gelas
#Selamat Menikmati~




MANFAAT CENDOL BAGI KESEHATAN
Lidah buaya adalah jenis tanaman yang sebagian besar berisi pulp atau daging daun yang mengandung getah bening dan lekat. Sedangkan bagian luar daun berupa kulit tebal yang berklorofil.Secara kuantitatif, protein dalam lidah buaya ditemukan dalan jumlah yang cukup kecil, akan tetapi secara kualitatif protein lidah buaya kaya akan asam-asam amino esensial terutama leusin, lisin, valin dan histidin. Selain kaya akan asam-asam amino esensial, gel lidah buaya juga kaya akan asam glutamat dan asam aspartat. Vitamin dalam lidah buaya larut dalam lemak, selain itu juga terdapat asam folat dan kholin dalam jumlah kecil (Morsy, 1991).

Kandungan zat gizi yang terdapat pada gel (daging) lidah buaya cukup lengkap, di antaranya, vitamin A, B, C, E, choline, inositol, dan asam folat. Sedangkan kandungan mineralnya terdiri dari kalsium, magnesium, kalium, natrium, besi, seng, dan kromium. Gabungan unsur vitamin dan mineral dalam tumbuhan ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang antara lain mampu mencegah serangan jantung dan penuaan dini dengan menghindarkan kerusakan DNA akibat radikal bebas. Penelitian di Hoshi University, Jepang menunjukkan Aloe vera mengandung senyawa antioksidan yang mampu menyingkirkan radikal bebas akibat radiasi.


Selain itu lidah buaya juga dimanfaatkan untuk membantu melancarkan saluran pencernaan, sulit buang air besar, batuk, radang tenggorokan, diabetes melitus meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengatasi cacingan dan menyembuhkan luka.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar